Thursday

Riba : Ancaman Ketiga


            Ada ancaman yang lebih berat lagi terhadap para pemakan riba, iaitu apabila perbuatan mengambil riba itu telah dilakukan secara menyeluruh diseluruh negeri.
Rasulullah SAW telah memberi peringatan dengan sangat keras melalui sabdanya:
Apabila perbuatan zina dan riba telah merajalela disuatu negeri, berarti penduduknya telah mengizinkan turunya azab dari Allah atas diri mereka”.
Apa yang telah diperingatkan oleh Rasul SAW tersebut jika kita kaitkan dengan keadaan ekonomi negeri ini sesungguhnya benar-benar telah terjadi. Krisis kewangan yang pernah melanda negeri ini dengan dashyat, jika dikaji ia berakhir kepada masalah pengambilan riba ini. Riba yang terkait dengan krisis kewangan tersebut adalah riba dalam jenis riba fadhl.

Apa Riba Fadhl Itu?
            Riba fadhl adalah tambahan atau keuntungan yang diperoleh dari transaksi tukar-menukar atau jual beli barang-barang tertentu. Sedangkan yang masuk dalam kategori barang-barang tertentu tersebut adalah mata wang, yang di zaman Rasul SAW menggunakan emas dan perak.
Rasulullah SAW bersabda:
Menjual emas dengan perak akan mengandung riba kecuali bila tunai”
(HR Bukhari dan Muslim)
Lihat saat ini kita boleh menyaksikan bahwa perbuatan jual beli mata wang asing di bursa kewangan asing benar-benar tidak ada yang tunai dan berada d tempat. Bererti di negeri ini telah terjadi berbagai transaksi yang mengandung riba fadhl. Yang lebih mengerikan adalah, transaksi di bursa itu nilainya sangat besar. Bahkan jauh lebih besar dari transaksi di sektor riil, iaitu sektor perdagangan itu sendiri.

Apa Kesannya?
Kesannya sungguh amat mengerikan. Akibat dari transaksi itu, telah menyebabkan terjadinya kegoncangan nilai tukar ringgit terhadap dollar. Yang akhirnya terjadinya krisis kewangan . Yang berlanjut kepada krisis ekonomi, krisis sosial, krisis politik,... Dan, puncaknya adalah krisis kemanusiaan. Sebuah azab di dunia yang teramat pedih, yang telah dirasakan bersama oleh segenap rakyat.

Jadi, apakah masih belum ngeri lagi

No comments:

Jangan Buka !!!

Daulah Islam

Daulah Islam

Singgah Sana

(Jom Buka) Realiti Umat Islam Zaman Sekarang‬‏